Rabu, 06 Juni 2012

DELL Computer Mass Customization


            Dell computer pertama kali didirikan oleh Michael Dell.  Dialah orang pertama yang mulai mengenalkan prinsip mass customization kepada dunia.  Pada awalnya ,  Michael Dell merancang sistem mass customization bukan karena dia percaya bahwa dengan strategi tersebut, ia akan menguasai dunia bisnis, tapi alasan yang sebenarnya adalah bahwa pada saat awal-awal ia merintis bisnis tersebut, ia tidak dapat memproduksi barang sesuai permintaan karena keterbatasan modal, fasilitas, dan lain-lain.  Sehngga pada awal merintis bisnis tersebut, ia hanya menerima order dari orang yang benar-benar memesan produk tersebut.  Jadi Michael Dell menerapkan strategi mass customization karena terpaksa, bukan karena ia mengetahui betapa besar potensi dari strategi bisnis ini.
            Pada awalnya, ia hanya berpikir sederhana yaitu menjual komputer langsung ke pembeli, tanpa pedagang perantara sehingga harga komputer bisa menjadi murah.  Setelah bisnisnya makin lama makin membesar, ia mulai mengembangkan strategi mass customization yaitu memproduksi dalam jumlah besar, sehingga dapat mengurangi biaya produksi per unit.
Dell dalam waktu singkat dapat menjadi salah satu produsen komputer yang besar karena dalam perjalanannya mereka melakukan hal-hal berikut ini :
  1.   Menawarkan produk langsung kepada konsumen yang membutuhkan tanpa perantara dan menghilangkan lead time-nya
  2. Meminimalisasi jumlah inventory ke level yang yang tidak dapat dibayangkan
  3. Lincah dan cepat merespon pada perubahan pasar atau teknologi
  4. Menghilangkan biaya dan resiko dari inventory barang jadi
  5. Sukses menerapkan mass customization
Pada dasarnya, mass costomization merupaka perpaduan dari mass production dan lean system.  Jadi, memrpoduksi barang dalam jumlah besar, namun tetap fleksibel terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di dalam pasar.
Keuntungan yang dapat kita peroleh dengan menerapkan mass customization antara lain meningkatkan kemungkinan memenangkan pasar, mengurangi kesalahan teknis dalam produksi, menghaluskan aliran produksi, memberi kebebasan bagi engineer utnuk merancang produk baru, menghilangkan penundaan produksi.
Pemasaran produk yang dilakuakn oleh dell biasanya melalui pemesanan online, sehingga pembeli dapat membeli komputer sesuai apa yang mereka inginkan langsung pada produsennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar