Rabu, 06 Juni 2012

Ideologi


Ideologi

Pengertian
Ideologi berasal dari kta idea(ide, gagasan) dan logos ( ilmu)
Jadi pengertian ideologi adalah kritik terhadap ide-ide ataupun keyakinan yang bercorak dogmatik dan tidak rasional.

Bentuk-bentuk ideologi

  1. ideologi sebagi sistem pemikiran yang tertutup, bentuk ini mengacu pada idoelogi memonopoli kekuasaan, tidak mentolerir ide yang bertentangan dengannya.
Contoh : komunisme di uni soviet, fasisme di italia era mussolii dan naziisme di jerman era hitler
  1. ideologi sebagai bentuk pemikiran terbuka, mengandung kebebasan, toleransi, dan pengakuan terhadap kemajemukan masyarakat.
Contoh : pancasila

Macam-macam ideologi

1.liberalisme : ideologi yang sangat menjunjung tinggi kebebasan individu. Negara tidak boleh mengambil alih iisiatif individu. Prinsip-prinsip dasarnya : individualisme, kebabasan , kesetaraan serta utilitarianisme.
2.kapitalisme  : suatu ideologi yang menitikberatkan sistem ekonominya pada konsep pasar bebas. Dlam hal ini, pelaku ekonomi memiliki kekutan utnuk mengatur pasar, sedangkan negara tidak boleh iktu campur dalam dunia perekonomian.
Prinsip dasar kapitalisme : ekonomi pasar, pengakuan atas hak milik, kompetisi, profit.
3.kolonialisme : paham tentang penguasaan oleh suatu negara atas daerah bangsa lain dengan maksud untuk menjajah bangsa tersebut.
Tipe-tipe kolonialisme : koloni penduduk, koloni kelebihan penduduk, koloni deportasi,koloni eksploitasi,koloni sekunder.
4.nasionalsme : paham tentang rasa cinta terhadap tanah air dan bangsanya. Nasionalisme itu sendiri dapat dimengerti sebagai sebuah kesadaran nasional, ideologi politik, dan gerakan politik yang mengarahkan suatu bangsa menuju pembentukan sebuah negara-bangsa.
5.sosialisme : ideologi dimana seluruh kegiatan perekonomian dikuasai sepenuhnya oleh negara dengan harapan tercipta kemakmuran yang merata pada setiap individu.
Nilai dasar yang terkandung : komunitas, kooperasi, kesetaraan,kebutuhan dan keadilan, kepemilikan bersama atas alat produksi.
6.marxisme : pada dasarnya mirip dengan sosialisme, yang membedakan adalah pada marxisme terdapat pemisahan antara teori dan praksis. Untuk membedakan dengan sosialisme, marx menamakan sosialismenya sebagai sosilaisme ilmiah. Dalam teorinya, marx menggambarkan bagaimana kapitalisme runtuh dan digantikan oleh sosialisme.
7.fasisme dan naziisme ; paham rasa cinta terhadap tanah air yang berlebihan dan cenderung merendahkan bangsa lain. Konsep dasarnya : superioritas ras, elit dan kepemimpinan yang karismatik, negara totaliter, nasionlisme, sosialisme dan militerisme.
8.feminisme : suatu gerakan untuk meningkatkan posisi perempuan sehingga memiliki kedudukan yang sejajar dengan kaum laki-laki.
9.ekologisme : merupakan ideologi lingkungan (ekologi politik atau environmentalisme).ekologisme sendiri lahir didasari rusaknya lingkungan akibat dari proses industrialisasi yang cenderung memperluas produksi dan konsumsi tanpa mempedulikan keterbatasan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar