Rabu, 06 Juni 2012

Perbedaan antara Autocad dan NX6


AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Sedangkan NX6 dikembangkan oleh Siemens yang dilengkapi fitur Design Freedom yang menyuguhkan teknologi sinkronisasi berkemampuan hingga 100 kali lipat lebih cepat dibandingkan versi-versi sebelumnya (NX6,NX5 dst) dan mampu mengombinasikan pengaturan geometri 3D, abstraksi otomatis, dan alat penghubung FE dengan model elemen terbatas yang in-depth.  Selain itu NX6 merupakan software yang mempunyai berbagai fungsi gabungan dari CAID/CAD/CAM/CAE jadi secara tidak langsung NX6 dapat dikatakan sebagai produk yang lebih maju dari Autocad.
AutoCAD adalah software yang berguna untuk mendesain atau merancang sehingga software ini banyak digunakan oleh insinyur sipil dengan AutoCAD Civil 3D, land developers, arsitek dengan AutoCAD Architecture (sebelumnya disebut Architectural Desktop), insinyur mesin dengan AutoCAD Mechanical, AutoCAD Electrical untuk insinyur teknik elektro, desainer interior dan lain-lain. Sedangkan NX6 tidak hanya dapat digunakan untuk mendesain namun juga untuk membuat konsep(CAID), untuk menganalisi (CAE) dan untuk bidang manufaktur (CAM). Pada intinya NX6 dapat berperan sebagai software yang luang lingkupnya lebih luas daripada Autocad 2009 dan dapat mengakomodasi berbagai bidang dalam dunia engineering.
Selain NX6 pengoperasian yang jauh lebih mudah daripada Autocad, penampilan dari NX6 juga lebih menarik.  Karena penampilan standard dari autocad adalah hitam-putih, sedangkan NX6 berwarna hijau dan orange. Penampilan ini mempengaruhi pengguna karena dengan warna yang tidak monoton membantu pengguna agar cepat jenuh. Kemudian gambar-gambar pada NX6 lebih halus jika dibandingkan dengan gambar pada autocad.  NX6 lebih mudah dibandingkan dengan Autocad karena pada autocad pengguna harus memasukkan command-comand sedangkan pada NX6 command sudah ada dalam  bentuk icon yang ada pada ribbon yang tinggal dipilih sehingga ribbon dalam NX6 juga dapat dikatakan sebagai pembeda dari Autocad. Kemudian perbedaan sederhana lainnya adalah format kedua software, apabila Autocad memiliki format DWG maka nX6 memiliki format PRT. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar