Rabu, 06 Juni 2012

Multiple Inteligence


Menurut Gardner, manusia memiliki 8 kecerdasan atau yang sering disebut dengan Multiple Inteligence.  Kedelapan kecerdasa tersebut adalah antara lain sebagai berikut ini:
a.       Matematika (MA) , merupakan kecerdasan manusia yang berhubungan dengan keahlian dalam menghitung
b.      Intrapersonal (IN) , kecerdasan manusia untuk melakukan komunikasi dengan dirinya sendiri, untuk dapat berbicara dengan dirinya sendiri sehingga dapat memahami dirinya dengan lebih baik
c.       Ekstrapersonal (EX), berhubungan dengan kemampuan manusia untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan sesamanya
d.      Natural (NA) , kemampuan manusia untuk berhubungan dan memahami lingkungan tempat dia hidup
e.       Visual (VI) , berhubungan dengan kemampuan manusia yang lebih cepat memahami sesuatu dengan cara melihatnya.  Orang dengan tipe visual akan cepat memahami sesuatu dengan menggunakan gambar
f.       Musik (MU) , berhubungan dengan kemampuan manusia yang lebih cepat untuk menangkap informasi dengan cara mendengarnya.  Orang dengan tipe musik akan lebih cepat memahami sesuatu apabila informasi tersebut dijelaskan kepadanya
g.      Literatur, orang dengan kecerdasan literatur akan lebih cepat dalam menangkap informasi dengan cara membaca
h.      Fisik (FI) , orang dengan kecerdasan fisik dengan mudah akan memahami segala informasi yang brhubungan dengan gerakan tubuh atau otot.  Orang dengan kecerdasan fisik contohnya adalah David Beckham, Michael Jordan dan sebagainya.
Dari kedelapan kecerdasan tersebut, rata-rata kebanyakan manusia hanya menggunakan satu yaitu Matematika saja.  Hal ini dikarenakan dari delapan kecerdasan tersebut, hanya satu yang diproses di otak kiri yaitu matematika, sedangkan sisanya diproses di otak kanan manusia.  Selama ini, kebanyakan manusia belum menggunakan seluruh potensi yang ada pada dirinya, yaitu hanya menggunakan otak kirinya, sedangkan otak kanannya tidak dipergunakan secara maksimal. 
Saya sendiri menurut saya, selama ini juga belum menggunakan seluruh potensi yang ada pada diri saya secara baik.  Yang saya rasakan, selama ini saya hanya menggunakan tiga dari delapan multiple intelligence yang ada, yaitu matematika, literature dan fisik saja.  Sedangakan kecerdasan yang lain juga pernah menggunakan tapi sebatas yang diperlukan saja.  Seperti saat berorganisasi saya menggunakan kecerdasan ekstrapersonal saya dan sebagainya.  Sbenranya saya dari dulu juga cukup berminat kepada musik, sempat saya belajar alat musik juga, akan tetapi tidak saya tekuni karena menurut saya saya kurang berbakat dalam hal tersebut.
Dari kesemua kecerdasan yang telah disbutkan tadi, ada beberapa yang ingin saya rubah dari diri saya.  Yang pertama adalah kemampuan ekstrapersonal saya.  Selama ini saya merasa agak canggung apabila harus mengeluarkan pendapat di depan umum, atau pada saat public speaking dan hal tersebut cukup membuat saya menjadi tidak nyaman.   Untuk itu, saya ingin meningkatkan kecerdasan ekstrapersonal saya sehingga hal-hal seperti diatas tidak terjaadi lagi kepada saya seterusnya.  Selain itu, saya juga ingin lebih memahami diri saya sendiri, sehingga diperlukan kemampuan intrapersonal yang lebih baik.  Dengan kemampuan intrapersonal yang lebih baik, saya dapat mengetahui apa yang sebenarnya saya inginkan, apa yang baik dan buruk dari saya sendiri, bagaimana cara menghilangkan kekurangan yang ada pada diri saya sendiri dan sebagainya.
Untuk merubah yang ada, tidak semuadah yang dibayangkan. Untuk itu, rubahlah secara perlahan-lahan , muali dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai dari sekarang ini.  Jangan menunda-nunda pekerjaan.  Itulah beberapa ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti kuliah etika ini.  Lakukan yang bisa dilakukan dan mulai saat itu juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar