Rabu, 06 Juni 2012

Penerapan Product Mix dan Logo pada Perusahaan


Bauran produk (Product assortment), adalah kumpulan dari semua produk dan unit produk yang ditawarkan penjual tertentu kepada pembeli.
Bauran produk memiliki beberapa ketentuan:
-          Width/ lebar; berapa banyak macam lini produk perusahaan itu.
-          Length/ panjang; jumlah unit produk dalam bauran produknya.
-          Depth/ kedalaman; berapa banyak varian yang ditawarkan tiap produk dalam lini tersebut.
-          Consistency/ konsistensi; seberapa erat hubungan berbagai lini produk dalam hal penggunaan akhir, persyaratan produksi, saluran distribusi, atau hal lainnya
Nestle SA, lebih dikenal sebagai Nestle, adalah salah satu perusahaan makanan terbesar di  dunia. Didirikan pada 1866 oleh Henri Nestlé , perusahaan sekarang mempekerjakan sekitar 283.000 orang di lebih dari 86 negara di seluruh dunia.
Dengan total aset sekitar 111640000000 franc Swiss (CHF) sebagai tahun 2010, Nestlé telah 6.000 merek, dengan berbagai macam produk termasuk kopi, krim cokelat, es, air kemasan, makanan bayi dan permen. 
Berikut ini adalah bauran produk dari Nestle
Bauran produk dari Nestle memiliki lebar bauran yang cukup panjang, yaitu terdiri dari 9 produk.  Sedangkan untuk panjang tiap-tiap lini juga cukup panjang, terutama pada bagian produk kopi, produk kuliner dan minuman siap saji (lebih dari 6 macam produk dalam satu lini). 
Sedangkan untuk kedalaman, varian yang ditawarkan nestle untuk tiap lini produknya menurut saya juga sudah bervariasi.  Misalnya untuk kopi, nestle menciptakan berbagai varian kopi yang disesuaikan dengan selera pasar.  Untuk consistency, nestle juga memiliki consistency yang cukup baik.  Hal ini terlihat dari berbagai macam lini produksi yang diciptakan oleh nestle masih berkaitan dengan bahan pangan, sehingga antar lini memiliki hubungan yang erat.
DESAIN LOGO UNSUR-UNSUR NESTLE
Logo Nestlé adalah diragukan lagi salah satu makanan yang paling berkesan logo dan baik-diakui pernah dibuat. Meskipun diubah beberapa kali, logo tetap mempertahankan rasa otoritas dan modernitas dengan merasa up-to-date.
Bentuk Logo Nestlé:
Logo Nestlé awal diperkenalkan oleh Henri Nestlé pada tahun 1868, berdasarkan arti namanya dalam bahasa Jerman, sarang sedikit yaitu, sebagai konseptualisasi artistik lambang keluarganya. Henri dijamin paten 15 tahun Perancis untuk desain ini tahun yang sama. Setelah pensiun, logo telah terdaftar di Vevey pada tahun 1875 oleh pemilik baru perusahaan Nestlé SA.
Kemudian pada tahun 1938, "Nestlé" nama diperkenalkan dengan desain sarang tradisional, sehingga menimbulkan "tanda gabungan". Namun, pada tahun 1966, desain disederhanakan sekali lagi, dengan beberapa tweak grafis kecil ke sarang serta tipografi.
Pada tahun 1988, worm pada paruh burung ibunya dibawa keluar sementara muda juga ditambahkan ekstra. Perubahan seperti ini dimaksudkan untuk memberi penekanan pada kegiatan perusahaan, yang memperluas cakrawala untuk mencakup produk diversifikasi, sementara mencerminkan keluarga modern dengan dua anak.
Logo Nestlé saat ini telah baru-baru ini disederhanakan, dan pohon yang seharusnya untuk melambangkan sebuah pohon oak dan thrush burung.
Warna Logo Nestlé:
Warna biru pada logo Nestlé mewakili kemakmuran, kemurnian, perawatan dan kebaikan.
Font Logo Nestlé:
Jenis huruf kustom yang digunakan dalam logo Nestlé telah diturunkan dari Helvetica.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar