Kamis, 07 Juni 2012

SISTEM OPERASI


Sistem operasi merupakan bagian dari perangkat lunak yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen hardware (perangkat keras) dengan aplikasi yang dijalankan diatasnya.  Sistem operasi mengelola akses dari program-program ke memori utama, unit logika aritmatika, dan bagian-bagian lain dari perangkat keras.
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan End-User Interface:
  • ·  Command Driven: seluruh perintah pada sistem operasi diketikkan pada prompt perintah atau dieksekusi melalui script file (misal: DOS, UNIX atau XENIX)
  • · Graphical User Interface (GUI): pengguna akhir menggunakan mouse atau alat penunjuk yang lain untuk memilih obyek yang mewakili suatu instruksi spesifik (misal: Windows 95, IBM –OS/2, MAC-OS)
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pengguna:
·  Single-User Single-Tasking
·  Single-User Multi-Tasking
·  Multi-User Multi-Tasking
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pangsa pasar:
  • ·  Sistem operasi server/network, seperti Windows NT Server, IBM AIX for RS/6000, DIGITAL UNIX, Open VMS, HP-UX, Sun Solaris, dan IBM OS/400.
  • · Sistem operasi desktop, seperti Windows 95/ Windows NT Workstation, OS/2 Wrap, MacOS, Java.
  • ·  Sistem operasi Handheld, seperti Windows CE, GEOS, Magic Cap.
Perkembangan sistem operasi banyak dipengaruhi oleh perkembangan perangkat keras terutama kemampuan dari prosesor. Maka pengelompokan sistem operasi berdasarkan lebar bit data yang bisa ditangani oleh prosesor  8-bit, 16-bit, 32-bit  Microsoft Windows NT, IBM OS/400,         Sun Solaris ,64-bit seperti DIGITAL UNIX, Open VMS, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar