Dell
computer pertama kali didirikan oleh Michael Dell. Dialah orang pertama yang mulai mengenalkan
prinsip mass customization kepada dunia.
Pada awalnya , Michael Dell
merancang sistem mass customization bukan karena dia percaya bahwa dengan
strategi tersebut, ia akan menguasai dunia bisnis, tapi alasan yang sebenarnya
adalah bahwa pada saat awal-awal ia merintis bisnis tersebut, ia tidak dapat
memproduksi barang sesuai permintaan karena keterbatasan modal, fasilitas, dan
lain-lain. Sehngga pada awal merintis
bisnis tersebut, ia hanya menerima order dari orang yang benar-benar memesan
produk tersebut. Jadi Michael Dell
menerapkan strategi mass customization karena terpaksa, bukan karena ia
mengetahui betapa besar potensi dari strategi bisnis ini.
Pada
awalnya, ia hanya berpikir sederhana yaitu menjual komputer langsung ke
pembeli, tanpa pedagang perantara sehingga harga komputer bisa menjadi
murah. Setelah bisnisnya makin lama
makin membesar, ia mulai mengembangkan strategi mass customization yaitu
memproduksi dalam jumlah besar, sehingga dapat mengurangi biaya produksi per
unit.
Dell dalam
waktu singkat dapat menjadi salah satu produsen komputer yang besar karena
dalam perjalanannya mereka melakukan hal-hal berikut ini :
- Menawarkan produk langsung kepada
konsumen yang membutuhkan tanpa perantara dan menghilangkan lead time-nya
- Meminimalisasi
jumlah inventory ke level yang yang tidak dapat dibayangkan
- Lincah
dan cepat merespon pada perubahan pasar atau teknologi
- Menghilangkan
biaya dan resiko dari inventory barang jadi
- Sukses
menerapkan mass customization
Pada dasarnya,
mass costomization merupaka perpaduan dari mass production dan lean
system. Jadi, memrpoduksi barang dalam jumlah
besar, namun tetap fleksibel terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di dalam
pasar.
Keuntungan
yang dapat kita peroleh dengan menerapkan mass customization antara lain
meningkatkan kemungkinan memenangkan pasar, mengurangi kesalahan teknis dalam produksi,
menghaluskan aliran produksi, memberi kebebasan bagi engineer utnuk merancang
produk baru, menghilangkan penundaan produksi.
Pemasaran
produk yang dilakuakn oleh dell biasanya melalui pemesanan online, sehingga
pembeli dapat membeli komputer sesuai apa yang mereka inginkan langsung pada
produsennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar